Kamis, 27 Februari 2014

HUKUM MENGAMALKAN KITAB DALAILUL KHOIROT

Assalamualaikum wr wb

1 Bagaimana hukum jaza' (Ajeze' madura red) Dala'il Al-khoirot sehingga harus membaca tiap hari

2 Bagaimana hukumnya jika membaca bacaan dala'il tidak menggerakan lisan (baca dalam hati) apakah diperbolehkan dan apakah pahalanya juga sama seperti hal-nya membaca menggerakan lisan . . . .

Mohon penjelasanya para Tretan Fiqh Salafiyyah Al-fattahul Ulum — bersama Dimas Wawan Brawijaya dan 17 lainnya.
  • Kang Raden santai dulu buuu
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Opick Syahreza sumber dari mana.....
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Wong Alit Iyaaaa,,, BIIIWAANGAABIII kita jumpa lagil BIIIWAANGAABIII,,,,qqqqqqq
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Xix Wvw Ovo opo meaneh ik tuluuuung tuluuungi pak Ifas IramaGuslik An-Namiri Wesqie Ardi Dhoank Ajach Kakek Jhøsy IItuluuuuuuung nich ada kebakaran qiqiqi
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Ferdy Cakep Wooioooou lanjut juiuuuuut
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Wong Alit Yoowees di blokir too mbaaah,,,,,
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Raden Madura BlogSpot aku masih linglung wkwkkwk
  • Dürø Bøyz Waduuuuch minum susu onta Aja biar seger
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Siti UL Faniyah Afwan numpang berbagi tentang ilmu dalam dalailul khoirot....

    Didalam Dalailul Khoirot itu memuat beberapa Sholawat Nabi yang sudah mashur dan sudah mujarrob untuk wasilah demi menghasilkan bermacam-macam hajat ( Kebutuhan ), dapat menghilangkan berbagai macam kegelisahan dan kesusahan, dapat menolak berbagai macam balak atau mala petaka baik balak Dunia maupun balak Akherat, dapat menjadikan kebaikan-kebaikan di Dunia dan Alkerat, dapat memperbanyak Nur ( Cahaya ) besok pada hari Qiyamat, karena begitu besar faidah-faidah sholawat Dalailul Khoirot maka hendaknya bagi para Mukminin Mukminat mengamalkan Wirid dalailul Khoirot atau Manaqib ini.

    Sebagian orang Sholeh mengatakan " Barang Siapa ingin dapat naik haji, maka bacalah Dalailul Khoirot hingga khatam dsalam satu majlis ( tempat duduk ) selama 40 hari, kemusian mintalah hajatnya diantara lafadz ( يا رب Dan يا الله ) , yang berkumpul dalam wirid hari senen
    maka Insya Alloh berhasil maksud dan tujuanya."

    Sebagian para Guru yang Alim mengatakan " Barang Siapa yang melanggengkan hatam Dalailul Khoirot dalam satu majlis dan memohon kepada Alloh SWT diantara lafadz ( يا رب Dan يا الله ) maka orang itu akan dijauhkan dari segala balak atau malapetaka, dan menjadi orang yang tinggi derajatnya disisi Alloh, serta dipenuhi semua hajat kebutuhan yang besar baginya.

    Termasuk Guru Besar Syeh Muhammad Bin Muhammad Sakrun Syeh dalailul Khoirot di Medinah, Ia melanggengkan membaca Dalailul Khoirot bersama jamaah pada waktu setiap sesudah sholat Maghrib dan setiap jum'at khatam satu kali tanpa menetukan berhenti istirahatnya, setiap tiba wakltu Isya' berhenti dan diteruskan lagi, jadi setiap jum'at Khatam.

    Adapun umumnya para Guru-guru kita saudara-saudara kita di Indonesia apabila wirid Dalailul Khoirot mengatur permulaan dan akhiranya denagan tertentu, yaitu mulai pada khizib hari selasa dan dihatami pada khizib hari senen atau ada yang memulai hari Ahad dan khatam pada hari senen begitulah langgeng seterusnya seperti Ijazah Guru kami bagi yang satu tahun, yang penting didawamkan atau dilanggengkan menurut kekuatan dan Ijazahnya.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Wong Alit Tapii sama ustad opick di MUSRYIKKAN,,,,

    Lagi ramee tuuu,,,di statusnya kang raden,,,
    Silakan menyimak ,,
    namun jgn komen sebab masalahnya melebar,,,
  • Siti UL Faniyah SEJARAH SINGKAT TERSUSUNYA KITAB DALAIILUL KHOIROT

    Penyusun kitab dalailul Khoirot adalah Imam Abu Abdulloh Muhammad bin Sulaiman Al Jazuli atau dikenal dengan Syeh Jazuli, Beliau bermukim dinegri Maghrobi negri Afrika, Beliau wafat pada Tanggal 16 Robiul Awal Tahun 875 Hijriyah,dan dimakamkan dsi Desa Suwas, dan setelah 77 tahun jenazahnya dipindah ke tanah marakisi, dan ketika jenazah Beliau diangkat dari dalam kubur, keadaanya tidak berubah sama sekali, Ia masih tetap utuh seperti semula rambut dijenggotnya kelihatan masih baru dicukur karena dahulu ketika akan wafat beliau sempat mencukur jenggot terlebih dahulu, sehingga makamnya menjadi makan yang agung dikarenakan banyak sekali orang yang berziarah kepadanya, dan do'a-do'a yang dibaca oleh para peziarah adalah memperbanyak membaca Dalailul Khoirot.

    Pada suatu hari beliau akan mengambil air wudhu, namun tali timbanya putus akhirnya beliau berusaha untuk mencari tali pengganti, karena begitu dalamnya sumur setiap tali yang ia masukan kedalam sumur tali itu tidak pernah sampai, sehingga membuatnya bingung, namun tiba-tiba ada seseorang yang datang kemudian meludah disumur itu dan begitu mudahnya orang itu mengambil air dengan tanganya sendiri karena setelah sumur itu ia ludahi tiba-tiba air yang ada didalam sumur itu naik keatas dengan sendirinya. Kemudian Syeh Jazuli bertanya " dengan apakah engkau memperoleh karomah ini..?" jawabanya " Karena saya memperbanyak membaca sholawat kepada nabi Muhammad SAW.. kemudian Beliau Syeh Jazuli bersumpah akan menyusun sebuah kitab yang berisi tentang sholawat. Akhirnya setelah Beliau melakukan Riyadhoh dan Uzlah selama 41 tahun maka beliau dapat menyusun kitab Dlailul Khoirot ini. Akhirnya makam beliau selalu harum semerbak baunya, hal ini karena beliau selalu membaca Sholawat kepada Nabi SAW selama hidupnya.

    FADILAH-FADILAH DALAILUL KHOIROT

    Dalam kitab Sihabul Millah diterangkan bahwa :

    1.
    Orang yang ahli Aurod Dalailul Khoirot akan memperoleh pahala akherot dan urusan dunianya diberi kemudahan.
    2.
    Apabila mempunyai hajat dibacakan Dalailul Khoirot hingga khatam dalam satu tempat ditengah malam, lalu meminta apa hajatnya, Insya Alloh bisa hasil apa yang di tujunya.
    3.
    orang yang Ahli Aurod Dalailul Khoirot itu apa bila suda ada selama 4 tahun, dan bisa ajek ( Istiqomah ) maka akan keluar madunya dan mudah mata pencaharianya.
    4.
    Apabila mempunyai hajat yang besar maka bacalah Dalailul Khoirot dalam satu tempat diwaktu malam hingga khatam, kemudian tawasul kepada Wali Kutub Muhammad Bin Sulaiman Al Jazuli denagn membaca :

    اللهم انى اتوسل بالشيخ محمد بن سليمان الجزولى صا حب دلائل الخيرات بحرمة جمالك الباقى ووجهك الاعظم وبحرمة نبـينا محمد صلى الله عليه وسلم ان تقضى حاجاتنا ياالله ياربى أتـنا ما سألناك يا أرحم الراحمين . اميـن.

    1.
    Apabila diminta seseorang suatu permintaan, misalnya orang yang istrinya minggat bagaimana supaya dapat pulang, maka bacalah Dalailul Khoirot hingga khatam dalam satu tempat kemudian tawasulah kepada Syeh muhammad Bin Sulaiman Al Jazuli seperti cata diatas, kemudian orang yang minggat tadi dihadiahi Fatekhah, maka Insya Alloh orang yang minggat tadi akan segera pulang.

    Dari Guru kami yang agung K. Imam Barizi bin Maqbul dari K. maqbul Bin Nasir, dari K. Nurkhayyi, dari K. Muhyiddin, dari K. Al Mukarrom Muhtar Syafa'at Abdul Ghofur Al Marhum berkata :

    " Barang siapa yang mengamalkan Dalailul Khoirot sambil ditirakati ( Berpuasa ) maka akan memperoleh tiga hal, yaitu :

    1. Bila Ilmunya sempurna maka akan menjadi Ilmu yang bermanfaat, barokah, maslakhah fiddini waddunya wal akheroh.
    2. Bila ilmunya hanya sedikit maka ia akan menjadi orang yang kayaraya dan bisa mempergunakan hartanya kejalan yang benar dan diridloi Alloh SWt.
    3. Bila ilmunya tidak sempurna dan tidak kaya raya maka Do'anya akan maqbul ( Mustajab ) dalam arti bisa melantari/ mengobati orang sakit ( Bisa Dukun )."
  • Siti UL Faniyah LANDASAN-
    LANDASAN DALAILUL KHOIROT

    Bacalah sholawat - sholawat pada Dalailulul Khoirot dan lainya. Karena sesuai denag firman Alloh SWT dalam suart Al-Ahzab Ayat 56 berbunyi :

    ان الله وملائكته يصلون على النبى يا ايهاالذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. الاحزاب : 57

    " Sesungguhnya Alloh dan Malaikat -NYA membacakan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW ( dari sebab itu ) Hai orang-orangf yang beriman bacalah do'a sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW. " ( Surat Al-Ahzab : 56 )

    Didalam Kitab Fatkhul Wahab diterangkan bahwa puasa satu tahun itu hukumnya sunah, orang yang berpuasa satu haun seperti Dalailulul Khoirot atau yang lainya maka ia tidak akan masuk Neraka Jahannam, seperti hadis Nabi Muhammad SAW :

    قال النبى صلى الله عليه وسلم : من صام الدهر ضيقت عليه . رواه البيهقى

    " Barang siapa yang berpuasa satu tahun maka tidak ada tempat baginya terhadap Neraka Jahannam "

    وروي عنه
    صلى الله عليه وسلم , انه قال : من صلّى علىّ مرة واحدة صلى الله عليه عشرمرات, ومن صلى عليه عشر مرات صلى الله عليه مأة مرة , من صلّى عليه مأة مرة صلى الله عليه الف مرة , و من صلّى علىّ الف مرة
    حرم الله جسده على النار .

    " Diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW Beliau bersabda : Barang siapa yang membaca sholawat kepadaku sekali saja,maka Alloh membacakan sholawat kepadanya 10 kali, barang siapa yang membaca 10 kali, maka Alloh membacakan sholawat kepadanya 100 kali, barang siapa yang membaca 100 kali maka Alloh membaca kepadanya 1000 kali, dan barang siapa yang membaca sholawat 1000 kali maka diharamkan jasadnya terhadap api neraka. ( Kitab Dalail Halaman : 27 )

    Dalam kitab Azkarun Nawawi diterangkan bahwa memperbanyak membaca sholawat itu dapat menghilangkan berbagai macam keprihatinan, kesedihan dan kesuasahan serta memperlancar datangnya rizki, seperti hadis Nabi :

    قال النبى صلى الله عليه وسلم : من عسرت عليه حا جة فليكثر من الصلاة عليّ فانها تكشف الهموم والغموم والكروب وتكثر الارزاق وتقضى الحوائج .

    "Barang siapa yang sulit terpenuhi hajatnya maka sebaiknya memperbbanyak membaca sholawat kepadaku, karena sesungguhnya membaca sholawat kepadaku itu dapat menghilangkan beberapa keprihatinan, kesedihan ssserta bermacam-macam kesusahan dan menjadi sebab lancarnya terhadap datangnya rizki, juga dapat mendatangkan beberapa hajat kebutuhan. "

    Didalam Kitab Dalailul Khoirot halaman 24 diterangkan bahwa orang yang selalu membaca sholawat tergolong orang yang ahli syurga, dan akan mempunyai istri terbanyak didalam syurga.seperti yang diceritakan oleh Abdurrohman bin Auf :

    وفى رواية عبد الرحمن بن عوف رضي الله عنه, قال : قال النبى
    صلى الله عليه وسلم : جاءنى جبريل عليه السلام يا محمد لا يصلّى ععليك احد من امتك الا صلى عليه سبعون ملك ومن صلت صلت عليه الملائكة كان من اهل الجنة . وقال النبى
    صلى الله عليه وسلم : اكثركم عليّ صلاة اكثركم ازواجا في الجنة.

    " Diriwayatkan dari Abdurrohman Bin Auf RA berkata: Nabi Muhammad SAW bersabda : Datang kepadaku Malikat Jibril AS, dan berkata : Hai Muhammad..! tak seorangpun dari umatmu yamg membaca sholawat kepadamu kecuali membacakan sholawat kepadanya 70.000 malaikat, dan barang siapa yang dibacakan sholawat oleh malaikat maka Ia adalah Ahli Syurga, Nabi SAW juga bersdabda : yang paling banyak membaca Sholawat dari kalian adalah yang paling banyak istrinya didalam syurga. "Diceritakan setiap satu ahli syurga diberi 500 istri disyurga.

    Diriwayatkan dari shohabat Ali Bin Abi Tholib karromallohu Wajhahu, sesungguhnya ia berkata : " Saya ( Ali Bin Abi Tholib ) mendengar sabdanya Nabi SAW begini, Barang siapa baik laki-laki maupun perempuan yang mau menulis sifatku maksudnya Asma ( Nama-nama ) ku, yang ada201 Asma yaitu mulai dari lafadz :

    ,حامد, احمد, محمدSampai

    صاحب الفرج

    Sesudah ditulis kemudian dibaca mulai dari awal hinga akhir kemudian ditaruh didalam rumah, terus dibungkus dan diletakkan diatas pintu rumah yang depan, maka Insya Allohrumah dan Ahlinya tidak akan terkena balak, wabak ( penyakit pagebluk) tidak akan mengalami penderitaan tidak ada yang iri dengki kepadanya, tidak akan terkena sihir, kebakaran, keruntuhan/kerobohan, tidak akan megalami kefakiran, tidak akan keracunan, tidak akan susah dan sedih selama Asma tersebut masih tetap ada dirumah atau ditempat tersebut, begitu juga tetap khowas ( Mujarrob ) bagi orang yang membaca dan yang mendengar.

    Dan apabila dibuat untuk menolak pencuri, perampok maka ditambahkan nadzomnya Qosidah Burdah yang dimulai dari lafadz :

    ( هم الجبال Sampai طارت
    قلوب العدا )

    serta ditambah Asma' askhabul Kahfi, seperti :

    عس الله ان يكف بأس الذين كفروا

    والله اشد بأسا واشد تنكيلا
  • Siti UL Faniyah
    SANAD DALAILUL KHOIROT

    سند دلائل الخيرات

    فقد رويته اجازة عامة تامة مطلقة عن شيخى العلامة المسند علم الدين محمد يا سين بن عيسى المكىّ عن شيخه محدث الحرمين الشريفين الشيخ عمر حمدان المحر سىّ عن العلامة المتفنن الشيخ محفوظ بن عبد الله الترمسىّ المكىّ عن السيد محمد امين رضوان المدنيّ عن علىّ بن يوسوف المدنىّ عن السيد محمد بن احمد الم?دغرىّ عن محمد بن احمد بن احمد المثنىّ عن احمد بن الحاج عن عبد القادر الفامىّ عن احمد المقرىّ عن احمد بن ابى العباس الصمعىّ عن احمد بن موسى السّملالىّ.

    ( ح ) عن شيخنا وملاذنا وسندنا ومسندنا المذكور عن العلامة المعمر الشيخ ابي عبد الله محمد الحلبىّ المصرىّ عن الشمس محمد الحضرىّ الازهرىّ عن الشيخ ابى عبد الله محمد الامير الكبير المصرىّ عن السهاب الجواهري عن مولاي الطيب عن اخيه القطب مولانا التهامىّعن والده القطب مولاي عبد الله الشريف المتولى القطبا نية عن سيدي علىّ بن احمد الانجورىّ عن القطب سيدى عيسى ابن سيدنا الحسن المصباحيّ عن القطب سيدنا محمد الطالب

    وكل منهما اي من السيخ احمد ابن موسى السملالىّ والقطب سيدى محمد الطالب عن القطب الكريم سيدى عبد الله الغزوانىّ عن القطب سيدى عبد العزيز التباع دفين مراكش عن شيخه القطب سيدى محمد بن سليمان الجزولىّ الشريف الحسنىّ دفين مراكـش عن شيخه القطب سيدى محمد تامغار دفين بلاد ازمور عن شيخه القطب سيدى ابى عثمان سعيد الهنـتانىّ عن شيخه القطب سيدي عبد الرحمن الرجراجيّ عن شيخه القطب سيدي ابي الفضل الهنديّ عن شيخه القطب سيدي عنوس البدويّ عن شيخه القطب القرفىّ عن القطب ابى عبد الله المغربيّ عن ابي الاقطاب الساذلىّ قطب الاقطاب من عم سره وطاب عن القطب ابن مشيس عن القطب سيدي عبد الرحمن المدنيّ عن القطب عبد الله التنا يرىّ عن السبليّ عن الجنيدي عن السرىّ عن معروف الكرحيّ
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Siti UL Faniyah IJAZAH DALAILUL KHOIROT

    Apabila akan mengamalkan/mewiridkan Dalailul Khoirot maka harus tahu caranya, dan harus Ijazah Dalailul Khoirot itu harus kepada orang yang sudah pernah mengamalkan Dalailul Khoirot, sebab ada ceritanya orang yang Ijazah Dalailul Khoirot kepada orang yang belum pernah mengamalkannya, orang itu bermimpi mempunyai suatu senjata namun senjata itu ketul ( tidak mempan apa-apa/tidak tajam ) kemudian orang itu bercerita kepada yang memberi Ijazah, dan dijawab memang bener aku tidak mengamalkan Dalailul Khoirot itu, aku hanya memberi Ijazah saja kepadamu, jadi pantas kalau senjata yang kau miliki dalam mimpi itu Gebluk alias Ketul.

    Ijazah Dalailul Khoirot yang ampuh itu harus sampai 7 x Ambalan, karena mengulangi Ijazah itu sama dengan mengasah
    senjata, semakin diasah akan semakin tajam.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Komentar ini telah disembunyikan.
  • Nazri El-Rahman kitab Dalail Khairaat 

    KITAB KARANGAN AL IMAM MUHAMMAD BIN SULAIMAN AL JAUZI

    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

    Dengan menyebut Asma Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.
    اللَّهُمَّ اشْرَحْ بِالصَّلَوةِ عَلَيْهِ صُدُوْرَنَا _

    Ya Allah, lapangkanlah dg berkah bacaan shalawat atas Nabi SAW akan dada kami.
    وَيَسِّرْ بِهَا أُمُوْرَنَا _

    Dan mudahkanlah dengan berkahnya [bacaan shol...awat] akan segala urusan kami.
    وَفَرِّجْ بِهَا هُمُوْمَنَا _

    Dan hilangkanlah dg berkahnya [bacaan sholawat] akan segala kesusahan kami.
    وَاكْشِفْ بِهَا غُمُوْمَنَا _

    Dan bukakanlah dga berkahnya [bacaan sholawat] akan segala keprihatinan kami.
    وَاغْفِرْ بِهَا ذُنُوْبَنَا _

    Dan ampunilah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan segala dosa kami.
    وَاقْضِ بِهَا دُيُوْنَنَا _

    Dan bayarkanlah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan segala hutang kami.
    وَأَصْلِحْ بِهَا أَحْـوَالَـنَا _

    Dan baguskanlah dg berkahnya [bacaan sholawat] akan segala tingkah laku kami.
    وَبَلِّغْ بِهَا آمَالَنَا _

    Sampaikanlah dg berkahnya [bacaan sholawat] akan segala apa yang menjadi keinginan kami.
    وَتَقَبَّلْ بِهَا تَوْبَتَنَا _

    Dan terimalah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan taubat kami.
    وَاغْسِلْ بِهَا حَوْبَتَنَا _

    Dan sucikanlah (basuhlah) dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan segala perbuatan dosa kami.
    وَانْصُرْ بِهَا حُجَّتَنَا _

    Dan menangkanlah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan hujjah kami.
    وَطَهِّرْ بِهَا أَلْسِنَتَنَا _

    Dan sucikanlah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan segala ucapan kami.
    وَآنِسْ بِهَا وَحْشَتَنَا _

    Dan tundukkanlah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan keliaran nafsu kami.
    وَارْحَمْ بِهَا غُرْبَتَنَا _

    Dan kasihanilah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan pengembaraan kami. 

    Dengan menyebut Asma Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.
    اللَّهُمَّ اشْرَحْ بِالصَّلَوةِ عَلَيْهِ صُدُوْرَنَا _

    Ya Allah, lapangkanlah dg berkah bacaan shalawat atas Nabi SAW akan dada kami.
    وَيَسِّرْ بِهَا أُمُوْرَنَا _

    Dan mudahkanlah dengan berkahnya [bacaan shol...awat] akan segala urusan kami.
    وَفَرِّجْ بِهَا هُمُوْمَنَا _

    Dan hilangkanlah dg berkahnya [bacaan sholawat] akan segala kesusahan kami.
    وَاكْشِفْ بِهَا غُمُوْمَنَا _

    Dan bukakanlah dga berkahnya [bacaan sholawat] akan segala keprihatinan kami.
    وَاغْفِرْ بِهَا ذُنُوْبَنَا _

    Dan ampunilah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan segala dosa kami.
    وَاقْضِ بِهَا دُيُوْنَنَا _

    Dan bayarkanlah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan segala hutang kami.
    وَأَصْلِحْ بِهَا أَحْـوَالَـنَا _

    Dan baguskanlah dg berkahnya [bacaan sholawat] akan segala tingkah laku kami.
    وَبَلِّغْ بِهَا آمَالَنَا _

    Sampaikanlah dg berkahnya [bacaan sholawat] akan segala apa yang menjadi keinginan kami.
    وَتَقَبَّلْ بِهَا تَوْبَتَنَا _

    Dan terimalah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan taubat kami.
    وَاغْسِلْ بِهَا حَوْبَتَنَا _

    Dan sucikanlah (basuhlah) dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan segala perbuatan dosa kami.
    وَانْصُرْ بِهَا حُجَّتَنَا _

    Dan menangkanlah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan hujjah kami.
    وَطَهِّرْ بِهَا أَلْسِنَتَنَا _

    Dan sucikanlah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan segala ucapan kami.
    وَآنِسْ بِهَا وَحْشَتَنَا _

    Dan tundukkanlah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan keliaran nafsu kami.
    وَارْحَمْ بِهَا غُرْبَتَنَا _

    Dan kasihanilah dengan berkahnya [bacaan sholawat] akan pengembaraan kami.
    _________________

    BERSAMBUNG
  • Nazri El-Rahman
    وَاجْعَلْهَا نُوْرًا بَيْنَ أَيْدِيْنَا وَمِنْ خَلْفِنَا _

    Dan jadikanlah akan keberkahan sholawat itu sebagai Nur dihadapan kami, dan di belakang kami.
    وَعَنْ أَيْمَانِنَا وَعَنْ شَمَآئِلِنَا _

    Dan dari kanan kami, kiri kami.
    وَمِنْ فَوْقِنَا وَمِنْ تَحْتِنَا _

    Dan dari atas kami dan bawah kami.
    وَفِى حَيَاتِنَا وَمَوْتِنَا _

    Dan dalam hidup kami dan mati kami.
    وَفِى قُبُوْرِنَا وَحَشْرِنَا وَنَشْرِنَا _

    Dan dalam kubur kami dan di padang Mahsyar kami, kehidupan sesudah mati kami.
    وَظِلاًّ فِى الْقِيَامَةِ عَلَى رُؤُوْسِنَا _

    Dan sebagai naungan pada hari kiamat di atas kepala kami.
    وَثَقِّلْ بِهَا مَوَازِيْنَا حَسَنَاتِنَا _

    Dan beratkanlah dengan keberkahan sholawat itu akan timbangan kami yaitu timbangan kebajikan.
    وَأَدِمْ بَرَكَاتِهَا عَلَيْنَا حَتَّى نَلْقَى نَبِيَّنَا سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ آمِنُوْنَ مُطْمَئِنُّوْنَ فَرِحُوْنَ مُسْتَبْشِرُوْنَ _

    Dan kekalkanlah barokah shalawat atas itu diri kami sehingga kami bertemu Nabi kami dan Baginda kami yaitu Muhammad SAW. Kami selamat dan tenang, gembira yang digembirakan.
    وَلَاتُفَرِّقْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُ حَتَّى تُدْخِلَنَا مَدْخَلَهُ وَتُؤْوِيَنَا إِلَى جِوَارِهِ الْكَرِيْمِ مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا _

    Janganlah kami dipisahkan antara beliau, sehingga Engkau masukkan tempat masuk beliau. Tempatkanlah kami jadi tetangga beliau yang mulia beserta orang yang telah Engkau beri nikmat atas mereka, dari para Nabi, siddiqin, syuhada dan shalihin. Demikianlah sebaik-baik teman.
    اللَّهُمَّ إِنَّا آمَنَّا بِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ نَرَهُ فَمَتِّعْنَا اللَّهُمَّ فِى الدَّارَيْنِ بِرُؤْيَتِهِ _

    Ya Allah, sesungguhnya kami beriman dengan beliau SAW meskipun kami belum pernah melihat beliau, maka gembirakanlah kami Ya Allah di dua negeri (dunia dan akherat) dengan melihat beliau.
    وَثَبِّتْ قُلُوْبَنَا عَلَى مَحَبَّتِهِ _

    Dan tetapkanlah hati kami di atas mencintai beliau.
    وَاسْتَعْمِلْنَا عَلَى سُنَّتِهِ _

    Dan tolonglah kami mengerjakan sunnah-sunnahnya.
    وَتَوَفَّنَا عَلَى مِلَّتِهِ _

    Dan matikanlah kami di atas agamanya.
    وَاحْشُرْنَا فِى زُمْرَتِهِ النَّاجِيَةِ وَحِزْبِهِ الْمُفْلِحِيْنَ _

    Dan kumpulkanlah kami dalam golongan yang selamat. Dan tentaranya yang bahagia.
    وَانْفَعْنَا بِمَا انْطَوَتْ عَلَيْهِ قُلُوْبَنَا مِنْ مَحَبَّتِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ لَاجَدَّ وَلَا مَالَ وَلَابَنِيْنَ _

    Berilah manfaat kepada kami dalam hati kami mencintai beliau saw. Mudah-mudahan Rahmat, Salam Allah tetap terlimpah atas beliau SAW pada hari tiada nasib baik, harta benda dan anak.
    وَأَوْرِدْنَا حَوْضَهُ الْأَصْفَى وَاسْقِنَا بِكَأْسِهِ الْأَوْفَى _

    Sampaikanlah kami pada telaga beliau yang bersih. Minumilah kami dengan gelas beliau yang dijanjikan.

    _____________
    BERSAMBUNG
  • Nazri El-Rahman
    وَيَسِّرْ عَلَيْنَا زِيَارَةَ حَرَمِكَ وَحَرَمِهِ مِنْ قَبْلِ أَنْ تُمِيْتَنَا_

    Mudahkanlah kami berziarah ke Tanah Haram Engkau dan Tanah Haram beliau sebelum Engkau wafatkan kami.
    وَأَدِمْ عَلَيْنَا الْإِقَامَةَ بِحَرَمِكَ وَحَرَمِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى أَنْ نُتَوَفَّى _

    Kekalkanlah kami mendirikan kewajiban di Tanah Haram Engkau dan Tanah Haram Nabi Engkau sampai kami diwafatkan.
    اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَشْفِعُ بِهِ إِلَيْكَ _

    Ya Allah, sesungguhnya kami mohon syafa’at melalui Perantaraan Nabi kepada Engkau.
    إِذْ هُوَ أَوْجَهُ الشُّفَعَآءِ إِلَيْكَ _

    Sebab beliaulah sebaik-baik orang yang memberi syafa’at kepada Engkau
    وَنُقْسِمُ بِهِ عَلَيْكَ _

    dan diberi bagian atas Engkau.
    إِذْ هُوَ أَعْظَمُ مَنْ أُقْسِمُ بِحَقِّهِ عَلَيْكَ _

    Karena beliau adalah seagung-agung orang yang diberi bagian dengan haknya atas Engkau.
    وَنَتَوَسَّلُ بِهِ إِلَيْكَ _ إِذْ هُوَ أَقْرَبُ الْوَسَآئِلِ إِلَيْكَ _

    Dan kami bertawassul dengannya kepada Engkau, sebab beliaulah sedekat-dekat Perantara kepada Engkau.
    نَشْكُوْ إِلَيْكَ يَارَبِّ قَسْوَةَ قُلُوْبِنَا _

    Kami mengadukan kepada Engkau Ya Tuhan akan kerasnya hati kami,
    وَكَثْرَةَ ذُنُوْبِنَا _

    Dan banyaknya dosa kami,
    وَطُوْلَ آمَالِنَا _

    Dan panjangnya angan-angan kami,
    وَفَسَادَ أَعْمَالِنَا _

    Dan rusaknya amal kami,
    وَتَكَاسُلَنَا عَنِ الطَّاعَاتِ _

    Dan kemalasan kami dari mentaati Engkau,
    وَهُجُوْمَنَا عَلَى الْمُخَالَفَاتِ _

    dan melanggarnya kami atas sumpah-sumpah.
    فَنِعْمَ الْمُشْتَكَى إِلَيْهِ أَنْتَ _

    Maka sebaik-baik pengaduan adalah Engkau.
    بِكَ نَسْتَنْصِرُ عَلَى أَعْدَآئِنَا وَأَنْفُسِنَا فَانْصُرْنَا _

    dengan Engkau kami mohon kemenangan atas musuh-musuh kami dan nafsu-nafsu kami, maka berilah kami kemenangan.
    وَعَلَى فَضْلِكَ نَتَوَكَّلُ فِى صَلاَحِنَا فَلَا تَكِلْنَا إِلَى غَيْرِكَ يَارَبَّنَا_

    Dan atas anugerah Engkau kami bertawakal, dalam kebaikan kami, maka janganlah Engkau menyerahkan kami kepada selain Engkau wahai Tuhan kami.
    وَإِلَى جَنَابِ رَسُوْلِكَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَنْتَسِبُ فَلاَ تُبَعِّدْنَا_

    [Tuhan kami] dan pada pihak Rasulullah SAW kami jadi satu ketururan/keluarga, maka dari itu janganlah Engkau jauhkan kami.
    وَبِبَابِكَ نَقِفُ فَلَا تَطْرُدْنَا _

    [Ya Tuhan kami], dengan pintu-pintu Engkau kami berdiri maka janganlah Engkau mengusir kami.
    وَإِيَّاكَ نَسْأَلُ فَلَا تُخَيِّبْنَا _

    [Tuhan kami], hanya kepada Engkau kami memohon, maka janganlah sia-siakan kami,
    اللَّهُمَّ ارْحَمْ تَضَرُّعَنَا _

    Ya Allah, kasihanilah kerendahan kami.
    وَآمِنْ خَوْفَنَا _

    Dan selamatkanlah takut kami,
    وَتَقَبَّلْ أَعْمَالَنَا _

    Dan terimalah amal-amal kami,
    وَأَصْلِحْ أَحْوَالَنَا _

    Dan perbaguskanlah polah tingkah kami,
    وَاجْعَلْ بِطَاعَتِكَ اشْتِغَالَنَا _

    Dan jadikanlah dengan ketaatan kepada Engkau sebagai kesibukkan kami,
    وَإِلَى الْخَيْرِ مَآلَنَا _

    Dan kepada kebajikan menjadi angan-angan kami,
    وَحَقِّقْ بِالزِّيَادَةِ آمَالَنَا _

    Dan nyatakanlah dengan tambahan segala angan-angan kami,
    وَاخْتِمْ بِالسَّعَادَةِ آجَالَنَا _

    Dan tutuplah dengan kebahagiaan ajal kami.
    هَذَا ذُلُّنَا ظَاهِرٌ بَيْنَ يَدَيْكَ _

    Inilah kehinaan kami yang nampak dihadapan Engkau
    وَحَالُنَا لَا يَخْفَى عَلَيْكَ _

    dan tingkah kami yang tak ada kesamaran atas Engkau.
    أَمَرْتَنَا فَتَرَكنا _

    Engkau telah memerintahkan kami, lalu kami meninggalkannya.
    وَنَهَيْتَنَا فَرَكِبْنَا _

    Engkau melarangnya maka kami melanggarnya.
    وَلَا يَسَعُنَا إِلَّا عَفْوُكَ _

    Dan tiada yang melapangkan kami kecuali ampunan Engkau
    فَاعْفُ عَنَّا يَاخَيْرَ مَأْمُوْلٍ _

    maka ampunilah kami wahai sebaik-baik Dzat yang diangan-angan
    وَأَكْرَمَ مَسْؤُوْلٍ _

    dan semulia-mulia Dzat yang dimintai.
    إِنَّكَ عَفُوٌّ غَفُوْرٌ _

    Sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Pengampun,
    رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ _

    Maha Penyantun dan Maha Pengasih.
    يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ _

    Wahai Dzat yang Pengasih diantara orang-orang yang kasih.
    وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا _ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ _

    Mudah-mudahan Rahmat dan Salam Allah tetap atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian Alam

    ________________
    TAMMAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar